Skip to main content

PUSDOKINFO

A. Pengertian Pusdokinfo

Pusdokinfo (Pusat Dokumentasi dan Informasi) adalah suatu sarana penyimpanan data yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai bahan tercetak maupun terrekam guna meningkatkan keefektifan informasi yang dimiliki serta memenuhi kebutuhan informasi masyarakat.

B. Contoh Lembaga Pusdokinfo
a. PDIKM (Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau)
b. Museum
c. PDII – LIPI
d. Badan Arsip
e. Perpustakaan

C. Layanan Informasi Yang Terdapat Pada Lembaga Pusdokinfo
1. Layanan Informsi yang terdapat dalam PDIKM
a. Memberikan informasi mengenai kebudayaan Minangkabau dan mengumpulkan berbagai macam literatur serta dokumentasi audio visual seperti merekam berbagai peristiwa adat dalam bentuk film dan video, merekam lagu-lagu tradisional, hingga membuat duplikat alat musik tradisional.
b. Untuk memperdalam akses pengunjung terhadap isi dokumen yang dimiliki, PDIKM telah dilakukan upaya penterjemahan naskah-naskah lama yang sebagian berbahasa Belanda dan Arab Melayu.
c. Didirikan sebuah tempat wisata sejarah, budaya, sekaligus tempat belajar dan penelitian kebudayaan Minangkabau.
d. Biaya masuk PDIKM gratis.
e. Cukup menulis data diri di sebuah buku tamu, pengunjung bebas berkeliling di dalam Rumah Gadang untuk melihat koleksi yang rata-rata berupa foto.
f. Beberapa meter di samping PDIKM terdapat sebuah wisata yang memadukan wisata budaya dan wisata keluarga bernama Minangkabau Village (Perkampungan Minangkabau) dan Minang Fantasy (Mifan).

2. Layanan Informasi di museum
a. Layanan referensi. Yaitu layanan berupa bantuan, petunjuk, atau bimbingan untuk menemukan koleksi yang ada di museum.
b. Bimbingan pengunjung. Yaitu layanan dengan memberikan petunjuk dan panduan untuk mengetahui dan memahami arti atau sejarah koleksi.
c. Penelusuran Informasi. Yaitu pencarian dan penemuan kembali cerita sejarah museum dan koleksi yang diberikan melalui layanan menggunakan:
- Local Area Network (LAN)
  Pencarian informasi untuk para pengguna yang datang langsung, melalui surat, atau telepon dan faximile, dapat dilayani menggunakan database
- Internet
  Pengunjung museum dapat melakukan akses informasi atau database koleksi PUSDOKINFO (museum) menggunakan internet.
- CD-ROM
  Layanan penelusuran abstrak artikel sejarah museum beserta koleksinya secara digital.


D. Kaitan TI dan Pusdokinfo

Teknologi informasi sangat membutuhkan pusat data untuk mengolah data yang sudah ada menjadi informasi, oleh karena itu terdapat kerjasama antara jeringan informasi dengan pusdokinfo dalam hal menyebarluaskan informasi. 


Oleh:
Wahdi Subarkah      (13040115130060)
M. Fadli Ilhami         (13040115140047)
Lilik Kurniasari         (13040115140064)

Comments